Kegiatan

International Nurses Day

International Nurses Day

HIMASAKA NEWS - International Nurses Day (IND) merupakan hari perayaan untuk memperingati para perawat sedunia dan kontribusinya terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Sejak tahun 1965 Dewan Perawat Internasional (ICN) telah merayakannya. Namun pemilihan tanggal 12 mei sebagai perayaan IND baru ditetapkan pada tahun 1974 yang diambil dari kelahiran perawat pertama kali yaitu Florence Nightingale yang biasa dikenal dengan nama The Lady With The Lamp yang berarti sang wanita dengan lampu. Setiap tahunnya IND telah diperingati oleh perawat sedunia tetapi tidak hanya perawat saja, seluruh mahasiswa keperawatan sebagai calon perawat juga ikut merayakan IND termasuk mahasiswa Prodi S1 keperawatan STIKes Surabaya. Mereka juga merayakan IND setiap tahunnya yang semakin meriah dengan berbagai acara. Mahasiswa S1 keperawatan  sangat antusias dalam perayaaan  IND tahun ini  untuk memperingati  konstribusi perawat terhadap pelayanan kesehatan.  

Pada hari sabtu, 12 mei 2018 Mahasiswa prodi S1 keperawatan STIKes Surabaya  mengadakan pembagian bunga mawar merah disekitaran persimpangan jalan Mer, persimpangan itats dan persimpangan sederhana menuju suramadu. Kegiatan pembagian bunga bagi masyarakat turut serta hadir pimpinanan STIKes Surabaya Uswatun Hasanah,M.Ked.Trop diikuti  untuk berpartisipasi dalam memperingati international nurses day di persimpangan sederhana             Jl. Dokter Ir. Haji Soekarno, Mulyorejo, Sukolilo. HIMASAKA STIKes Surabaya dan beberapa perwaakilaan semester II, IV ,VI dan VIII mahasiswa Keperawatan Angkatan 2015,2016,2017 dan 2018. Beberapa mahasiswa HIMASAKA bersama ketua STIKes Surabaya juga berkesempatan memberikan bunga kepada pimpinan Kopertis tujuh jawa Timur di kantor kopertis. Makna dari pemberian bunga mawar merah  melambangkan caring  perawat kepada pasien dan seluruh lapisan masyarakat.

 

Kunjungan Stikes Surabaya ke Kopertis 7 dalam rangka memperingati Interntional Nurses Day

Pemberian Bunga di Kopertis Wilayah 7 dalam rangka International Nurses Day

                                      Kunjungan dan pemberian bunga  kepada pimpinan kopertis 7 

Seluruh warga Peserta didik Keperawatan telah memeriahkan acara international nurses day 2018. Dalam perayaan international nurses day di kampus STIKes Surabaya terdapat lomba photo challenge dan lomba cuci tangan yang dibagikan di social media Instagram bagi seluruh mahasiswa STIKes Surabaya sebagai bentuk semangat mahasiswa untuk memeriahkan acaranya. Ketetuannya dalam lomba photo challenge ini adalah mahasiswa harus memakai dresscode putih-putih  , foto dan video yang paling menarik akan mendapatkan hadiah dari panitia penyelenggara acara IND 2018. Banyak yang mengikuti lomba photo challenge ini mungkin karena  Mahasiswa sekarang yang suka foto selfie  jadi dapat memanfaatkan lomba ini sebagai ajang kompetensi.

Perayaan IND di STIKes Surabaya ini diakhiri dengan pelaksanaan seminar keperawatan pada hari minggu, 27 mei 2018 dengan tema ART OF CARING yang diikuti oleh seluruh mahasiswa STIKes Surabaya yang diisi oleh pembicara dari RSUD dr. Sutomo Surabaya Ibu Sri Endang Puji Asututi S.Kep.,Ns., M.Kep dan Ibu Kushartinah, S.Kep.,Ns.,MM mahasiswa yang aktif dalam kegiatan seminar akan mendapatkan cendramata dari panitia seminar. Hal ini yang memicu mahasiswa untuk aktif dalam merayakan IND tahun ini. Adapun inti kegiatan International Nurses yang dibuat dengan tema caring dimana seorang perawat harus memiliki sikap caring terhadap pasiennya. Pastinya acara IND tahun ini semakin meriah dan tak akan dilupakan bagi mahasiswa S1 Keperawatan STIKEs Surabaya.

Sebelum acara ini berakhir, terdapat pengumuman photo challenge dan vidio contest 6 langkah mencuci tangan yang telah di selenggarakan sejak tanggal 10 mei 2018-27 mei 2018 (perayaan IND). Pemenang yang dipilih adalah yang sesuai ketentuan panitia international nurses day. Karena foto yang terbagus dan sesuai ketentuan hanya ada satu, pemenang photo challenge dan cuci tangan akan diumumkan pada hari seminar Art of Caring. Setelah pengumuman lomba ini adalah detik-detik berakhinya acara IND tahun 2018.. Acara IND 2018 diakhiri dengan adanya pemotongan tumpeng dan flasmoob yang merupakan puncak dari acara ini.. Pada akhirnya geerakan  flashmoob seluruh peserta seminar menutupi acara International Nurses Day 2018.

Penulis: Basilius Y. Weu

Categories : Kegiatan

Your email address will not be published. Required fields are marked *